10 Juni 2009

Makna Senyuman

Makna Senyuman

By: agussyafii

Ditengah kehidupan kota besar seperti kota Jakarta semua berlalu lalang dengan cepat. Menghentakkan jiwa penuh dengan kejutan. Kebahagiaan, penderitaan, tertawa dan menangis, Semua silih berganti datang dan pergi. Sejenak merenung, mendengarkan Hana yang senantiasa menghapal hadis pendek terasa amat mendalam makna hadis ini. 'Tabassumuka fi wajhi 'akhika shodaqoh.' Artinya: senyummu dihadapan saudaramu adalah shodaqoh (HR. Bukhari).

Dalam hadis ini Nabi mengajarkan bahwa senyuman kita kepada saudara kita adalah shodaqoh. Bahkan Nabi mengajarkan kita agar memberikan senyuman untuk semua orang termasuk orang yang pernah menyakiti hati kita. Membalas keburukan dengan keburukan adalah hal yang biasa namun membalas keburukan dengan keindahan tentunya sesuatu yang luar biasa sebab semua itu peristiwa menggoreskan makna dalam kehidupan kita.

Makna inilah yang mengokohkan kesadaran diri kita agar melihat semuanya dengan senyuman, mau bahagia tersenyum. Mau menderita juga tersenyum. Menangis tersenyum, tertawapun juga tersenyum. Ada seorang anak tidak mau sholat karena dirinya sedang bersedih. Sang Ibu menghampiri dan mengatakan, 'Taukah dek, bahwa Alloh SWT tidak hanya hadir ketika adek sedang bahagia namun Alloh juga hadir disaat adek sedang bersedih.' lanjut Sang Ibu, 'Ayo..sekarang adek curhat sama Alloh SWT dengan sholat.' Adek tersenyum mendengar penuturan ibunya, tak lama kemudian adek bergegas ambil air wudhu untuk sholat.

Begitulah bila semua disambut dengan senyuman, kesadaran membimbing kita untuk menjumpai taman keindahan. di Taman keindahan ini kita hidup dalam keseharian dengan penuh senyuman. Bagun tidur kita tersenyum, mulai beraktifitas kita tersenyum, bekerja keras untuk anak dan istri dengan senyuman. Pulang ke rumah bertemu keluarga dengan senyuman, menjelang tidur juga dengan senyuman, sebab senyuman membuat jiwa kita menjadi penuh kelembutan dan kedamaian. Itulah makna senyuman yang diajarkan Nabi SAW.


Wassalam,
agussyafii
 

Keluarga zahwan | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL