10 Desember 2008

Hak istri terhadap suami

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,


Rasulullah saw. bersabda, “Istri-istri memiliki hak atas kalian, yaitu biaya hidup dan pakaian yang makruf (baik).” (HR. Muslim)

Diriwayatkan oleh Mu’awiyah al-Qusyairi, dia berkata, “ Aku bertanya kepada Rasulullah saw. “Wahai Rasulullah, apa hak seorang istri atas suaminya?” Rasulullah saw. bersabda, ‘Kau memberinya makanan ketika kau makan, memberinya pakaian ketika kau berpakaian, jangan memukul mukanya, jangan menjelek-jelekkannya, dan janganlah mendiamkannya kecuali ketika di rumah.’ (HR Abu Dawud).

Tempatkanlah mereka (para isteri) di mana kamu bertempat tinggal menurut kemampuanmu dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka. Dan jika mereka (isteri-isteri yang sudah di talaq) itu sedang hamil, maka berikanlah kepada mereka itu nafkahnya hingga mereka bersalin, kemudian jika mereka menyusukan (anak-anak)mu untukmu maka berikanlah kepada mereka upahnya; dan musyawarahkanlah di antara kamu (segala sesuatu), dengan baik; dan jika kamu menemui kesulitan maka perempuan lain boleh menyusukan (anak itu) untuknya. Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezkinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan. ( Ath Thalaaq /Talak QS.65: 6-7)

Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir (2:219)



mudah2an bermanfaat bagi semua, bagi suami juga bagi istri .



wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



 

Keluarga zahwan | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL