07 November 2008

Anak malas keramas

Sumber: Ibu-ibu DI

Tanya

Salam kenal semua, Ibu aku punya masalah nih. Aku punya 2 orang anak balita ce-co (umur 4 and 2.5 tahun). Dulu dua-duanya diawasin sama BS, tapi sudah setahun ini aku tidak pakai BS tapi asisten (pembantu). Nah disini nih masalahnya.Si kecil yang cowok itu entah diapain sama asistenku yang jelas sekarang trauma banget sama keramas. Sudah aku coba bermacam cara, dari pakai topi mandinya waktu bayi, dikeramasin kakaknya yang hobi mandi, sampai rambutnya cuma dilap doang pakai washlap tak mempan juga dia tetap takut kepalanya kena air. Ibus ada yang pernah mengalami yang kayak gini tidak sih? sharingnya dong. [Hti]

Jawab

kedua anak2xku pernah mengalami hal kayak begini. Mereka yang tadinya berani dan tak pernah bermasalah sama keramas, tiba2x saja jadi tidak mau kalau disuruh keramas. Aku juga tak nemu penyebabnya apa. Yang aku lakukan cuma sabar saja. Setiap mau keramas aku selalu tanya dulu, kalau memang sudah waktunya keramas mereka tak mau, aku tetap 'izin' dulu bahwa aku mau keramasin mereka, walaupun kadang sampai nangis dan melukin aku, yah terpaksa aku lakukan, habis daripada malah kulit kepala luka kan gawat. Tapi, sebisa mungkin aku tak maksa. setelah beberapa bulan, akhirnya tidak masalah lagi kalau keramas, asik2x aaja. Aku tidak tahu juga apakah bener2x mereka pernah trauma karena kenapa2x pas keramas, atau memang ada masanya anak2x suka begitu? Yang jelas seperti biasa, namanya menghadapi anak2x kuncinya cuma sabar saja gitu, nanti semua baik lagi.[Sla]

aku juga mngalami anak tidak mau keramas, anakku (3.10thn) tidak tahu deh, kenapa tiba2 saja dia tidak mau keramas, kalau diguyur/dilap rambutnya mau, tapi kalau sudah keramas ada saja alasannya meski sudah kita bujuk2, terus kita rayu pakai topi yang buat keramas itu, gaya keramas kayak disalon, tidak mau juga, akhirnya mau pakai wash lap tapi itupun pakai catatan dipegang/dipeluk sama ayahnya, jadi kalau keramas tuh heboh. Dan kita juga nego hari2 apa saja dia mau keramas, saat2 ini maunya hari minggu, tapi kalau sudah harinya tiba, anakku suka nawar2 meski pakai nangis..hu..hu...mau juga dia keramas. Nanti kalau sudah kelar keramas, dia minta semua orang untuk cium rambutnya dan bilang 'abang sudah keramas ni, tapi keramasnya pakai hu..huu...hu.. gitu..' Kalau lihat iklan shampoo di tv, sekalian tuh kita kasih tau kenapa abang perlu keramas dll, tapi anakku dengan santainya malah bilang; 'abang mau ketombe ma..., abang tidak mau keramas. Pernah dia minta dibeliin shampoo dan sabun kodomo, katanya mau keramas kayak yang di tv itu, buru2 kita beliin tapi pas harinya, sama saja heboh gitu, mau keramas tapi pake u..hu..hu..dulu..Lucunya, kalau adiknya keramas, wah si abang ini instruksinya juga heboh..'tidak papa kok shampoonya tidak pedih, tundukkin kepalanya, ya..naaaahhh gitu..' . [Rma]

eh tadi anaknya ibu cowok apa cewek ya? anakku kan cewek dan kebetulan suka lihat mamanya dikeramasin di salon, jadi dulu pas sempet ogah2an keramas, aku triknya seakan2 dia lagi di salon jadi terjadilah conversation a la salon antara aku dan anakku :
aku: mau pake shampo apa Bu?
anakku: sampo lifebuoy berbagi sehat Bu (hehe)
aku: harganya 20rb ya bu
anakku: iya deh bu
aku: wah rambutnya halus ya bu..
dst nya deh..
sambil gerakan ngeramasinnya itu bener2 ala nyalon ibus..alhamdulillah dia lumayan semangat, kalau tidak ya, sambil dia ngermasin berbagai bonekanya, mulai dari barbie sampai adik botak. [Ndia]

Anakku dulu juga gitu, wah heboh habis kalau mau keramas ternyata dia pernah waktu keramas, air masuk ke hidung dan bikin trauma jadi kali saja saking traumanya dia jadi takut keramas.... Dulu sih aku bujukin pelan-pelan enggak mempan juga, nah sekarang sih ok saja keramas, setelah dia ikut les renang heheheh. [It]

Dulu pernah mengalami susah ngeramasin ponakanku, waktu masih balita. Jadi setiap mau mandi pasti dia sudah mau ngacir sambil ngomong memelas "ngga 'ngamas' yaa...ngga ngamas yaa.."(baca: nggak keramas ya). Selidik punya selidik, ternyata dia trauma pernah diceburin ke kolam renang pas baru bangun tidur sama Budenya. Sejak itu bener2 deh, susyaaaaah banget bahkan disuruh mandi. Tapi alhamdulillah makin gede (sekarang kelas 1 SMP) dia sudah lumayan berhasil melewati masa traumanya. Cuma kenangan buruk di kolam renang tersebut membuat dia susah banget diajarin renang, dia takut air masuk ke kupingnya. Duh gemes banget deh aku, padahal di keluargaku semuanya hobi renang. Mudah2an kalau di sekolahnya ada kelas renang dia mau ikut yaa Sekarang ini aku lagi mengalami dengan anakku [15 bln], sebelum2nya dia tidak masalah kalau dikeramasin karena tidak pernah langsung, cuma belakangan ini dia suka nangis kalau mau dibilas kepalanya. Kayaknya matanya pernah kemasukan air sabun pas dibilas sama 'mba'nya.Jadi lah pakai acara dipeluk sama ibunya sambil dibilas, repot juga kan kalo aku sudah baju kantor. Kalau tidak salah kemarin ada yang sebut soal "topi buat keramas gaya di salon". Bisa beli dimana ya bu ? [Wid]
 

Keluarga zahwan | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL