23 November 2007

Resep Siomay



Akhirnya, setelah sekian lama sibuk ngoprek2 blog jualan saya...bisa punya kesempatan untuk share resep siomay yang pernah saya ceritain kemarin..

Ok deh..saya share Resepnya, saya ambil resep ini dari Buku SEDAP "Aneka Jajanan Pinggir jalan" (gambar bukunya ada di atas yah)

SIOMAY
Bahan:
- 200 gram ayam giling (saya gak pakein sih)
- 200 gram ikan tenggiri giling
- 1/2 sendok teh ebi sangrai,haluskan
- 2 batang daun bawang,iris halus
- 3 siung bawang putih,haluskan
- 150 ml air es
- 1 sendok makan garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 100 gram tepung sagu

Bahan sambal
- 200 gram kacang tanah goreng,haluskan
- 4 siung bawang putih, haluskan
- 2 buah cabai merah keriting,haluskan
- 2 buah cabai rawit merah,haluskan
- 60 gram gulamerah,sisir halus
- 2 sendok teh garam
- 600 ml air
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

kalau mau sambalnya lebih gurih bisa di tambahkan santan secukupnya..

Bahan pelengkap
- 4 buah tahu putih belah dua keruk sisinya
- 200 gram kentang kukus,potong2
- 4 butir telur rebus
- 1 buah pare,potong 3 cm,keruk tengahnya (kalau gak suka ya gak usah di pake :D )
- 4 buah jeruk limau
- 4 sendok teh bawang merah goreng
- 2 sendok makan kecap manis

Cara membuatnya :
1. Aduk rata ayam giling, ikan tenggiri, ebi,daun bawang, bawang putih. Masukkan air es,garam dan gula pasir. Uleni sampai kalis/bisa di bentuk. tambahkan tepung sagu. aduk rata
2. Bagi tiga adonan, satu bagian sedokkan bentuk bulat/lonjong (sesuai selera). satu bagian lainnya isikan ke tahu atau pare. Kukus selama 30 menit sampai matang
3. Sambal,tumis bawang putih,cabai merah keriting dan cabai rawit merah sampai harum. Tambahkan kacang tanah aduk rata
4. Masukkan air, garam,dan gula merah. Masak sampai mendidih
5. Sajikan siomay dengan pelengkapnya..

Selamat mencoba yaa...nanti kalau udah jadi jangan lupa bagi2 ke saya yaa hehehehe
 

Keluarga zahwan | Desenvolvido por EMPORIUM DIGITAL